flickr

Sample Text

Pages

Sample Text

Sample text

Social Icons

Featured Posts

Minggu, 14 Oktober 2007

KECELAKAAN DI JALAN RAYA

Minggu, Oktober 14, 2007
Kecelakaan pada anak

--------------------------------------------------------------------------------

kecelakaan di jalan raya
Dari data yang didapatkan dari A & E Departemen di Inggris dan wales, 1983. Anak usia 10 – 14 tahun lebih rentan terhadap kecelakaan.


Usia Presentasi Ratio L : P
0 – 4 30,0 1,4 : 1
5 – 9 27,6 1,6 : 1
10 – 14 42,4 1,5 : 1


KECELAKAAN DI JALAN RAYA
Walaupun hanya 2,7% dari jumlah kecelakaan pada anak, Kecelakaan di jalan raya dapat berakibat fatal.

Tipe kecelakaan Persentase
Kecelakaan rumah tangga 46,2
Tempat umum 25,0
Sekolah 17,7
Kecelakaan olah raga 6,0
Kecelakaan di jalan raya 2,7
Lain-lain 2,4

KECELAKAAN PADA PEJALAN KAKI

Sekitar 300 anak di Inggris meninggal setiap tahunnya sebagai pejalan kaki. Anak – anak dari kelas social ekonomi rendah lebih sering mengalami kecelakaan tersebut karena menggunakan jalanan sebagai tempat untuk bermain dan mereka tidak ada yang mengawasai,hal ini terjadi karena kurangnya lahan bermain. Kecelakaan yang mengancan nyawa ini sering mengenai kepala, dada dan perut, patah tangan atau tungkai sering terjadi selain luka-luka terbuka lainnya.

KECELAKAAN KENDARAAN PADA ANAK

Sekitar 80 anak di Inggris meninggal setiap tahunnya sebagai penumpang kendaraan. Frakture Tulang belakang, pelvis dan extremitas bawah, fasial injuri dan whiplash injuri pada tulang cervical sering terjadi mengikuti trauma pada kepala, dada dan abdominal. Belakangan ini dibuat cara yang dapat mengurangi kejadian trauma pada anak di dalam kendaraan, yaitu dengan menggunakan tempat duduk letak belakang dan letak depan.

KECELAKAAN SEPEDA

Pada penelitian di berbagai Negara, kecelakaan bersepeda dapat menyebabkan berbagai macam trauma yang sering menimbulkan perawatan medis dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Trauma kepala adalah salah satu yang dapat ditimbulkan dari kecelakaan bersepeda dan bersepeda motor. Akibat yang ditimbulkan dapat berupa trauma otak dan dapat berakibat fatal.Trauma kepala tertutup adalah kasus yang paling sering terjadi diikuti fraktur kepala dan luka-luka berat pada daerah muka dan kepala. Ekstradural hematom yang berhubungan dengan fraktur tengkorak kadang dapat ditemukan pula pada kecelakaan bersepeda pada anak. Trauma serius lainnya adalah fraktur pelvis dan extremitas bawah yang banyak disebabkan oleh trauma yang mengenai stang sepeda.

Trauma abdomen tertutup yang terjadi lebih sering mengenai limpa dan hepar.

Usaha pemerintah untuk mengurangi jumlah trauma salah satunya adalah kewajiban menggunakan helm saat mengendaraai sepeda motor.

KERACUNAN
Kematian pada anak – anak akibat keracunan relative tidak sering dikebanyakan Negara berkembang. Di UK terdapat sekitar 30 kematian pertahun. Sekitar 12.000 anak-anak dibawa ke RS setiap tahunnya karena menelan racun dan 40.000 datang ke A & E departemen. Yang tersering pada usia < 5 tahun.

Produk kedokteran sebagai salah satu penyebab keracunan pada anak – anak. Produk kedokteran tersebut berupa obat-obat yang diresepkan seperti anti-depresan, traquilizer, cardiac glukoside dan anti histamine.

Penggunaan label cara pemakaian pada kemasan, dapat menurunkan angka keracunan pada anak- anak.

Produk rumah tangga dapat juga menimbulkan keracunan pada anak-anak, di Inggris sekitar 25% dan menimbulkan kematian sekitar 20%. Produk rumah tangga yang dapat menimbulkan keracunan adalah pemutih, perafin, desinfektan, parfum dan penbersih kuteks.

Di Australia, terdapat Poison Information Center yang menyediakan informasi untuk masyarakat atau dokter mengenai bermacam-macam produk. 40% keracunan melibatkan produk kedokteran, 26% produk rumah tangga. Poison Information Center juga terdapat di Negara UK dan Negara-negara lainnya.

Di USA keracunan terdapat pada 2 juta anak-anak < 5 tahun. Keracunan adalah kasus ke-3 terbesar di unit gawat darurat pada anak-anak < 16 tahun.Namun diperkirakan sekitar 60% dari kunjungan tersebut bukanlah kasus gawat darurat karena sebensrnya dapat ditangani sendiri di rumah dengan mengikuti saran dari Poison Information Center.

Pada prenatal, kerusakan dapat disebabkan efek teratogenik obat-obatan yang dikonsumsi ibu pada saat hamil, ketergantungan obat pada anak atau akibat konsumsi alcohol berlebihan oleh ibu pada awal kehamilan. Keracunan pada bayi < 1 tahun, berhubungan dengan kesalahan pemberian obat. Anak , 3 tahun mempunyai resiko terbesar untuk menderita keracunan.Pada dewasa, perilaku mencari kesenangan adalah penyebab utama keracunan meliputi penggunaan alcohol, narkotik dan bahan pelarut.

Luka yang serius disebabkan oleh zat-zat alkalis yang bersifat korosif, misalnya cairan pembersih oven dan NaOH, zat-zat tersebut dapat menyebabkan nekrosis pada mukosa esophagus dan otot disekitarnya yang dapat mengakibatkan esofagitis akut dan periosefagitis yang memberikan hasil akhir berupa jaringan parut dan striktur.Pada kasus yang sangat serius diperlukan rekonstruksi esophagus, disarankan untuk melakukan reseksi pada esophagus yang rusak, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan sumbatan yang rentan terhadap terjadinya infeksi.Dalam jangka panjang dapat menyebabkan karsinoma skuamosa.

Asam kuat mempunyai efek terbesar pada perut tapi biasanya relative tidak berefek pada esophagus.Asam kuat menyebabkan penetratif gastriris yang dapat menyebabakan perforasi lambung atau obstuksi prepilorus.

Penelanan zat-zat lain misalnya deterjen biasanya hanya menimbulkan kerusakan superficial pada mukosa esophagus dan lambung tanpa menyebabkan terjadinya striktura.


BATERAI

Penelanan baterai dari jam tangan, kamera, alat bantu dengar dan mainan anak-anak yang dapat dengan mudah dipindahkan oleh anak kecil sangat berisiko tinggi untuk ditelan.Pada kebanyakan kasus baterai kecil, dapat dengan mudah lewat ke G.I tract, namun pada beberapa kasus baterai tersebut akan tertahan di bagian mid-esofagus atau pada pylorus.

Baterai tersebut mengandung KOH, mercuri oxide, zinc oxide, lithium hydroxide.Kebocoran dari baterai yang tertelan dapat terjadi dalam beberapa hari dan menyebabakn nekrosis liquefaction pada jaringan yang terkena yang dapat menyebabkan penetrasi atau perforasi pada esophagus dan gaster.Perforasi ini dapat menyebabkan fistul;a trakeo-esofageal dan perdarahan berat.


TENGGELAM
Diseluruh dunia, kasus tenggelam adalah kasus kematian terbanyak no.2 dan no.3 yang menimpa anak-anak dan remaja.Pada umumnya kasus tenggelam ini sering terjadi di Negara-negar yang beriklim panas dan Negara dunia ketiga.Insiden terjadinya kasus tenggelam pada anak-anak ini berbeda-beda tingkatan pada tiap-tiap Negara.Dibandingkan dengan Negara-negara berkembang yang lain reputasi Australia kurang baik, karena kasus tenggelam di Negara ini masuk dalam urutan terbanyak.

PATOFISIOLOGI

Hipoxia merupakan masalah utama yang sering diakibatkan oleh trauma saat tenggelam, tetapi dengan adanya spasme glottis mampu menghambat terhirupnya air ke paru-paru, hal ini terjadi pada ± 10% kematian akibat tenggelam.Dalam situasi yang lain, terjadi penungkatan cepat tekanan alveolo - arterial, yang terjadi pada saat air teraspirasi sehingga menyebabkan hypoxia progresif.Korban-korban tenggelam kebanyakkan mengalami hipervolemia. Adanya perbedaan antara tenggelam di air tawar dan air laut dalam hal upaya untuk bertahan hidup, yang mana tidak begitu penting dibandingkan dengan temuan-temuan klinik.ARF dan DIC telah dilaporkan terjadi pada kasus orang yang selamat dari tenggelam.Perubahan kadar elektrolit biasanya minimal dan kandungan clorin yang ada dalam air bukan suatu perbedaan yang signifikan.

Komplikasi SSP jarang terjadi pada anak-anak yang selamat. Cerebral irritability sering terjadi pada 18 jam pertama setelah kecelakaan, dengan bentuk high pitched cerebral cry / menjerit.Kerusakan ini bisanya kembali normal dan pada pemeriksaan psikometrik mengenai cara bertahan tidak signifikan berubah.Tetapi kerusakan korteks yang besar bisa terjadi pada beberapa kasus, terjadi karena adanya interval waktu yang lama antara waktu keluar dari air dengan waktu pertama kali menghirup nafas.


KASUS TENGGELAM DI INGGRIS DAN WALES

Tenggelam termasuk kasus penting yang menyebabkan kematian anak-anak di Inggris dan Wales, tetapi frekuensinya masih antara 50-100 anak pertahun yang meninggal karena tenggelam.Setengah dari jumlah kasus tenggelam ini terjadi pada anak usia < 5 tahun dan sisanya terjadi pada anak usia 5-9 tahun dan 10-14 tahun yang persentasenya sama.34% kasus tenggelam di kali dan danau, 20% dilaut dan didalam kolam renang.Diantara yang paling muda, 25% tenggelam di pemandian umum dan 20% di kolam renang perumahan.

KASUS TENGGELAM DI AUSTRALIA
Tenggelam merupakan kasus tersering yang menyebabkan kematian pada anak-anak bahkan di Australia, yang berumur antara 12-35 bulan, selanjutnya diperkirakan bahwa tiap kematian yang diakibatkan tenggelam ± 9 anak yang terancam jiwanya karena tenggelam.Badan statistic Australia meleporkan bahwa dalam jangka waktu 5 tahun y.i 1984-1989, 529 anak tenggelam, 70% diantaranya berusia < 5 tahun. Penelitian terbaru di Australia barat menunjukkan bahwa kebanyakkan anak-anak tenggelam terjadi di kolam renang rumah dan 90% korban berusia < 4 tahun. Didaerah pedesaan yang mana banyak terdapat sungai dan bendungan merupakan bahaya yang cukup besar.Penelitian di Australia barat dan queensland telah menunjukkan bahwa 75% kasus tenggelam dapat dihindari bila di tempat-tempat tersebut terdapat pagar.

Jarak tenggelam juga merupakan suatu pertimbangan. Penelitian tentang korban tenggelam di brisbon menunjukkan bahwa 50% anak yang diangkat dari air akan mampu bertahan hidup.Air yang dingin kadang memberikan perlindungan terhadap cerebral anoxia.

Tanda pertama dari fase penyembuhan adalah adanya usaha bernafas atau muntah.Gangguan cerebral sering terjadi selama periode penyembuhan berlangsung, tetapi kerusakan jaringan saraf secara permanent jarang terjadi.Perubahan radiology pada paru-paru terlihat adanya oedem perihiler atau secara keseluruhannya tetapi akan membaik secara keseluruhan dalam 3-5 hari.



TENGGELAM DI USA

85% ditemukan pada laki-laki dengan insiden maksimum usia 10-19 tahun.Kasus tenggelam banyak terjadi di danau atau sungai, hanya 3% tenggelam terjadi di kolam renang.Trauma medulla spinalis disebabkan oleh menyelam, selancar dan ski.

CEDERA

Lebih dari setengah kasus cedera pada dada disebabkan kecelakaan kendaraan bermotor,dengan anak sebagai penumpangnya.menurut “Nittiburgh children hospital” hamper seluruh kasus cedera pada dada disebabkan trauma tumpul dengan setengan dari kasus disertai patah tulang iga, 37% dengan pneumothorax dan 13% dengan hematothorax.Kerusakan yang berarti di dalam dada dapat terjadi tanpa disertai patah tulang iga.

TERHIRUP BENDA ASING DAN TERSEDAK
Terdapat 100 kematian tiap tahunnya di Inggris dan Wales.Di USA terjadi 3000 kematian yang disebabkan terhirupnya benda asing atau tersedak.Benda yang sering terhirup adalah pin, peniti, kacang, dll.Bila terjadi sumbatan pada jalan nafas dapat memberikan gejala tersedak dan sianosis.Kebanyakan benda asing menyumbat di bronkus kanan bagian bawah.

Kacang-kacangan bisa menyebabkan terjadinya iritasi dan bila tidak terdeteksi akan menyebabkan reaksi “Granulomatus” pada dinding bronkus.Bila suidah terjadi seperti ini maka akan sulit untuk mengeluarkannya.


CEDERA PADA PERUT YANG TIDAK MENEMBUS

Biasanya terjadi pada anak-anak yang disebabkan karena terjatuh.Cedera pada ginjal sering ditemukan, tetapi hanya sedikit yang membutuhkan tindakkan nephrectomi.Cedera pada hati menyebabkan kematian sekitar 38%-38,3%.

Kematian tersering disebabkan tidak terkontrolnya perdarahan dari hati dan pembuluh darah besar
LUKA BAKAR
100 anak meninggal setiap tahunnya di Inggris dan Wales akibat luka bakar.Setiap bentuk luka bakar > 10% luas tubuh pada anak dianggap sangat serius.perawatan di RS diindikasikan bila luka bakar 5% atau lebih pada bayi, termasuk luka bakar pada wajah,terutama bila ada kemungkinan sumbatan pernafasan arau kerusakan mata dan luka bakar seluruh tubuh, perlu juga diperhitungkan luka bakar pada tangan dan kaki, luka bakar listrik dan trauma pernafasan.

Insiden pada anak usia < 5 tahun dengan puncak pada usia 1-2 tahun.Kematian terjadi karena terinhalasi asap dan gas beracun.

LUKA BAKAR DI USA

1300 anak setiap tahunnya meninggal akibat luka bakar.Luka bakar listrik menyebabkan cedera pada > 4000 anak berusia < 5 tahun dengan lokasi terbanyak pada mulut.


TRAUMA KAPITIS
Gangguan jangka panjang pada trauma kapitis tergantung dari 2 faktor, y.i:

1. Luasnya kerusakan otak dan diagnosa dini

2. Perawatan dari komplikasi spesifik yang terjadi

FRAKTUR DEPRES TULANG TENGKORAK

Penyebab kematian karena kerusakan otak.Penanganan terbaik adalah pencegahan dan lebih banyak manaruh perhatian dibandingkan trauma lainnya.Pencegahan adalah dengan memakai helm pada anak yang bersepeda.


PERDARAHAN INTRAKRANIAL

1. HEMATOM SUBDURAL AKUT

Pada kasus berat komplikasinya berhubungan dengan trauma decelerasi mendadak yang banyak terjadi pada kecelakaan motor.Lesi tersering pada supratentorium dan robekan vena subdural.Perdarahan dan edem cerebri menyebabkan midline shift dan herniasi melalui hiatus tentorial.

2. EKSTRADURAL HEMATOM

Kurang sering terjadi dibandingkan perdarahan intracerebral yang lain

3. TRAUMA WAJAH DAN GIGI

Kurang sering terjadi dibandingkan trauma pada otak atau tulang kepala.Trauma gigi pada anak lebih serimg terjadi, jika terdapat cedera pada mandibula maka menimbulkan masalah pada perawatan gigi.Trauma akibat ayunan mengakibatkan cedera pada wajah distressing dengan fraktur posterior, dislokasi hidung.

Partial atau complete avulse terjadi antara 7-10 tahun,pertumbuhan akar gigi masih berlanjut dan saluran apex gigi masih terbuka.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.freewebs.com/accidental_child/